Kamis, 11 Oktober 2012

CARA MEMBUAT SABUN HERBAL BERKUALITAS TINGGI

Artikel ini saya buat menanggapi beberapa permintaan buyer sabun herbal saya. Saya menjual sabun berbahan dasar VCO kelapa hijau n bahan-bahan herbal lainnya. Beberapa buyer saya yang telah order berkali-kali meminta diajari cara membuat sabun herbal ala sabun saya. Biasanya saya menyempatkan mengirim mereka email berisi panduan cara membuat sabun herbal ala saya. Karena banyak yang meminta, mereka bilang ditempat mereka banyak usia produktif yang nganggur n mereka mau membuat usaha sabun herbal seperti saya. Oke lah.. Dari pada repot harus selalu mengirimi email pada orang-orang yang ingin belajar membuat sabun herbal, lebih baik saya buat artikelnya sehingga bukan hanya yang kenal saya, siapapun bisa membuat usaha sabun herbal yang sekarang sedang booming.

Kelebihan sabun herbal saya dibanding sabun biasa dipasaran:
  1. Hampir semua bahannya herbal kecuali lye (bahan dasar sabun)
  2. Tidak mengandung SLS (Sodium Laureth Sulfate). Bahaya SLS silahkan baca disini 
  3. Bahan pelarutnya adalah VCO kelapa hijau n minyak zaitun yang sudah sangat dipercaya manfaatnya untuk kecantikan n kesehatan kulit
  4. Menggunakan parfum sangat minim yang diyakini cukup terhapus oleh air bilasan sehingga tidak menimbulkan bahaya.
  5. Tidak menggunakan bahan pewarna n bahan kimia lain kecuali lye n parfum
  6. Dijamin halal. Tidak menggunakan minyak babi (lard).  Minyak babi biasa digunakan sebagai bahan dasar membuat sabun oleh produsen non muslim.
  7. Herbal additif (pepaya, alpukat, bengkoang, dll) ditambahkan berupa jus (bukan ekstrak) hingga lebih dari 30%
Nah sebelum kita mulai cara pembuatan sabunnya, saya mau cerita pengalaman saya dalam praktek membuat sabun herbal. Dulu saya taunya cuma 1 hal dalam hal persabunan yaitu bahwa campuran lye (NaOH) dengan minyak n lemak hasilnya adalah sabun.

Percobaan pertama:
Bahan 35% larutan lye & 75% minyak sawit.  Dengan cold process. Masa curing 1 bulan.
Hasilnya: Sabun keras bertekstur halus. Saya senang sekali. Teksturnya mirip sabun dipasaran. Tapi ketika saya pake mandi ternyata tidak berbusa meskipun tetap bersifat membersihkan.Mandi tanpa busa tidak enak rasanya.

Percobaan kedua:
Bahan 25% larutan lye & 40% VCO kelapa hijau, 35% minyak sawit.  Dengan cold process. Masa curing 1 bulan.
Hasilnya: Sabun berbusa banyak. Bravo! saya berjingkrak. Baru saya tau bahwa ternyata menambahkan VCO kelapa hijau sebagai bahan dasar sabun ternyata berpengaruh banyak terhadap busa sabun. Jangan ngetawain ya... Ma'lumlah saya khan bukan sarjana kimia. Jadi belum tau reaksi lye terhadap masing-masing minyak.
Saya senang sekali dengan busanya. Tapi... sayang, teksturnya lembek. tidak mau keras meski sudah curing 1 bulan. :'( Hiks...

Percobaan ketiga:
Bahan 25% larutan lye & 10% VCO kelapa hijau, 55% minyak sawit. SLS 10%.  Dengan cold process. Masa curing 1 bulan.
Hasilnya: Sabun berbusa banyak n tekstur sangat keras, mulus n halus. Tampilan bagus banget. Tapi saya sedih. Sabun ini tidak aman. Mengandung bahan kimia yang berbahaya. Saya ga berani pake, apalagi jual. Sabun ini di stop...!!!

Percobaan keempat:
Bahan 25% larutan lye & 40% VCO kelapa hijau, 35% minyak sawit.  Dengan hot process 100 derajat selama 2 jam. Masa curing 3 hari.
Hasilnya: Sabun berbusa banyak. Tekstur lebih keras. Hasil yang ini saya anggap lumayan n saya mulai tambahkan beberapa herbal lain.
Misalnya sabun pepaya, formula yang sudah 100% tadi saya tambahkan jus pepaya 2:1
begitupun dengan bengkoang, alpukat, dll
Sabun ini mulai saya jual online pada tanggal 21 Maret 2012
Harganya Rp.3000/pcs. Penjualan sabun herbal ini berjalan lancar hingga bulan Mei 2012.

Percobaan kelima:
Bahan 25% larutan lye & 30% VCO kelapa hijau, 15% minyak sawit, 20% minyak zaitun. Additifnya madu, jus pepaya n jus bengkoang. Bahan dasar 1 : 1 dengan additif. Dengan cold process. Masa curing 40 hari.
Hasilnya: Sabun berbusa banyak. Tekstur sangat keras, mulus n halus. Asumsi saya sabun ini sangat berkhasiat. Karena asam laurat dalam VCO kelapa hijau tetap utuh jika tanpa pemanasan. Khasiat minyak zaitunpun tetap utuh jika tanpa pemanasan. Saya coba mandi dengan sabun ini. Wow!!! Wonderful. Kulit lembut, segar, lembab, bercahaya, terasa sehat, dll. (mulai lebay nih... Hehe. Tapi asli ga bohong kok)
Hasil yang ini saya cobakan ke adik-adik saya.
Respon pertama berupa SMS dari adik saya yang ke3 "teh, eta sabun pemutih nya? Bagus amat kana kulit, jadi lembut jeung tambah cerah" Bahasa Rangkas tuh. Dapet sms begitu saya tambah semangat. 5 hari kemudian adik saya yang pertama datang "Teh, kamari aya nu nanya, 'Im pake naon mukana bagus amat ayeuna?' 'pake sabun Batrisyia. rek nyoba?' 'sabaraha hargana?' '25ribu. Pake heula bae. Mun bagus bayar. Mun teu bagus ulah dibayar.' Trus isukna si eta datang bayar 25rebu bari order deui. Jadi ayeuna Im kadieu rek order deui yeuh"
Sejak saat itu saya putuskan mempatenkan formula tersebut. Subhanallah. Sabun ini laris kayak kacang goreng. Beberapa rekan saya bingung.
"Kok kamu ceritakan formula sabunmu pada para pembelimu? Nanti mereka jadi sainganmu! Sabun herbalmu ga laku lagi." Saya mesem sambil bilang "Jalan rizki bukan hanya sabun herbal... Kalo hal ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, saya justru bangga & bahagia. Andaipun kemudian sabun herbal saya jadi ga laku, saya akan ganti lagi dengan sesuatu yang baru. Dan saya juga insyaAllah akan selalu bagi-bagi cerita lagi... Jalan masih panjang, semua bisa berakhir baik dengan ijin Allah. Amiin

SELESAI DEH CERITANYA.


Membuat Sabun Herbal Batrisyia:
Bahan-Bahan yang dibutuhkan :

35% larutan lye 
30% VCO kelapa hijau
15% minyak sawit
20% minyak zaitun.
Total 100 %
Additifnya madu, jus pepaya n jus bengkoang sejumlah bahan dasar. 1 : 1
                                                                            
Jus Pepaya & Bengkoang (dijus tanpa menambahkan air sedikitpun, karna kadar air dapat membuat sabun lembek)
5 cc fragrance
(Proses Pada Suhu ruangan)

Alat-alat yang dibutuhkan :
  1. Sebuah masker sederhana - Dipakai selama pembuatan larutan NaOH saja
  2. Kacamata - Dipakai selama pembuatan larutan NaOH saja.
  3. Sepasang sarung tangan karet - Dipakai selama pembuatan sabun.
  4. Botol plastik - Untuk wadah air.
  5. Timbangan dapur
  6. Kantong plastik kecil - Untuk menimbang NaOH
  7. Sendok stainless steel atau plastik-polipropilen - Untuk menuangkan NaOH
  8. Wadah dari gelas atau plastik-polipropilene - Untuk tempat larutan NaOH
  9. Wadah dari apa saja - Untuk menimbang serta tempat air dan minyak.
  10. Kain - Untuk menutup cetakan setelah diisi sabun.
  11. Plastik tipis - Untuk melapisi cetakan.
  12. Cetakan.
  13. Mixer kue
Cara pembuatan : 
Siapkan cetakan. Cetakan bisa apa saja. Bisa menggunakan pipa PVC tutup bagian bawah dengan plastik yang diikat dengan karet gelang, semprotkan minyak ke dalamnya, tuangkan hasil sabun. Setelah mengeras buka tutupnya, dorong lalu potong. Hasilnya sabun yang bulat. 



Gunakan masker dan kacamata. Timbang air hangat dan lye 2:1 2 air hangat : 1 lye, Larutkan lye ke dalam air hangat (Jangan menggunakan wadah aluminium. Gunakan stainless steel, gelas pyrex atau plastik-poliproplen). Jangan menuangkan air ke lye karena dapat menyebabkan letupan yang apabila terkena mat bisa buta jika terkena kulit bisa terbakar. Tuangkan lye ke dalam air hangat sedikit demi sedikit. Aduk hingga larut. Pertama-tama larutan akan panas mengepul dan berwarna keputihan. Uapnya jangan terhirup karena sangat berbahaya. Setelah larut semuanya, simpan di tempat yang SANGAT aman. Dengan hati hati tuangkan larutan lye  ke dalam minyak, mixer pada putaran terendah. Hindari jangan sampai menciprat ke muka atau badan anda. Setelah 15 menit hentikan mixer dan periksa sabun untuk melihat tahap “trace”. “Trace” adalah kondisi dimana sabun sudah terbentuk dan merupakan akhir dari proses pengadukan. Tandanya adalah ketika campuran sabun mulai mengental. Apabila disentuh dengan sendok, maka beberapa detik bekas sendok tadi masih membekas, itulah mengapa dinamakan “trace”.
Pada saat “trace” tadi tambahkan jus herbal & parfum. Mixer beberapa detik kemudian hentikan. Tunggu 30 menit sambil sesekali diaduk manual dengan sendok.
Tuang hasil sabun ini ke dalam cetakan. Tutup dengan kain untuk insulasi. Simpan sabun dalam cetakan tadi selama satu hingga dua hari. Kemudian keluarkan dari cetakan, potong sesuai selera. Simpan selama 40 hari untuk masa curing. 

Selamat mencoba n semoga menjadi wirausahawan yang sukses. Aamiin. 
Selesai

Jika ada pertanyaan seputar pembuatan sabun, ikutan kursus membuat sabun herbal aja. He he. Biayanya Rp.750rb mendapatkan lye & VCO sebagai bahan dasar. Dipandu saat praktek membuat sabun herbal via phone hingga berhasil. Atau mau coba sabun herbal saya?


Untuk informasi lebih lanjut atau order, hubungi0818 0815 7294 whatsapp: 0888-121-8360 pin bb: 73FFB0C9

Mau kulit sehat putih merona dengan bahan2 herbal? silahkan klik disini

70 komentar:

  1. mKasih sis... Semoga makin sukses.. Amin...

    BalasHapus
  2. alhamdulillah ketemu blog ini . :')
    mbak, bisa minta cp nya..saya tertarik untuk membuat penelitian tentang sabun vco. terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  3. disimpan 40 hari itu dimana sis? apakah di lemari es atau di tempat biasa? dobungkus atau tidak? makasih sis, semoga Allah memberikan kesehatan dan rezeki berlimpah untuk sis. dan semoga kelapa hijaunya tetap banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempat biasa. Ditutup kain aja. Amien YRA :) terimakasih sdh berkunjung. Semoga sukses bikin sabunnya ya...

      Hapus
  4. sis, produksi sabun cair herbal dong, biar gampang dibawa-bawa.. trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami juga produksi sabun cair say... harga Rp.28.000 isi 250ml minimum order 2 botol. Komposisi 40% VCO kelapa hijau,13% lye, 15% air, 25% pepaya, 7% madu.
      melembabkan, mencerahkan, mengencangkan dan mengobati masalah kulit.
      Mau coba? Smskan jumlah order, nama n alamat. Kami kirim via JNE setelah transfer. Ditunggu ya... :)

      Hapus
  5. Sis, kenapa harus pakai minyak sawit? itu mau diambil dimana ya? apakah dibuat sendiri? Alhamdulillah ketemu blog ini, saya sdh memutuskan utk berhenti menggunakan bahan2 yg tidak alami :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minyak sawit bereaksi saponifikasi terhadap lye memperkeras struktur sabun. Tanpa minyak sawit, sabun terlalu lunak. Hubungi aja nomor kontak kami jika perlu sabun herbal sis... Tq

      Hapus
  6. Klo utk minyak sawitnya pake minyak goreng biasa atau gmn? Utk bahan-bahan pembuat sabun bisa didapat dmn aja? Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake minyak jelantah juga boleh ,, khususnya bekas goreng ikan,, top markotop ;-)

      Hapus
    2. Pake minyak jelantah boleh. tapi disaring hingga bening dulu. Minyak jelantah sangat merusak kesehatan, jadi pake bikin sabun aja... tapi jangan lupa dijernihkan dulu ya say...
      Bahan sabun bisa juga pesan disini... sms aja say... :)

      Hapus
  7. jazakallah ilmunya

    BalasHapus
  8. alhamdullillah,ketemu blog ini,,jd bsa bikin buat perawan sendiri, mkchi sis....

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya bikin perawatan sendiri say?... oke deh sis... sama2...:)

      Hapus
  9. baru baca aza udah keringetan..gimana klo udah pake ya...lanjuuut

    BalasHapus
  10. sis, sabun cair yg diproduksi itu untuk wajah atau untuk tubuh? atau untuk keduanya? trimakasih ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk wajah n boleh untuk tubuh juga saya... Tq

      Hapus
  11. tertarik sekali ni, ingin bikin sabunya... nanti boleh untuk konsultasinya dong.....

    BalasHapus
  12. dulu belajar buat sabunnya dari mana? kl saya mau belajar langsung ke tempatnya sis bisa gag? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasil blogging juga sist... :) kalo belajar offline saat ini masih belum bisa sist. Saya masih repooot bgt. :) Tp bisa kursus online kok :)
      Oya, paketnya kalo dah sampe kabarin ya sist. Tq

      Hapus
  13. sis... kenapa gak dibuat vcd nya jadi kita2 yang mau kursus bisa beli vcd nya

    BalasHapus
  14. terimakasih sist atas tips membuat sabun herbalnx, di atas ditulis komposisi Bahan dasar 1 : 1 dengan additif (Additifnya madu, jus pepaya n jus bengkoang). berapa % komposisi madu, komposisi jus pepaya, dan komposisi jus bengkoang untuk mendapatkan aditif yang sempurna???
    terimakasih atas jawabanx...sukses selalu buat usahanya ya sist

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika adonan into 100gram, jus pepaya etc 100gram juga. Tq :)

      Hapus
  15. what a great recipe!!!

    BalasHapus
  16. mbak itu 30 % kira2 brp gram?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 30% itu 30gram jika total adonan 100gram. :)

      Hapus
  17. Jadi orang kok baik banget mau membagi ilmunya, semoga Allah SWT memberikan ilmu lebih yg datang dr manapun, amiinn:)

    BalasHapus
  18. Tapi saya mau bertanya beli minyak kelapanya dimana? Kalau sawitnya? terimakasih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minyak kelapa n minyak sawit banyak di pasar say... :) Tq

      Hapus
  19. Jadi orang kok baik banget mau membagi ilmunya, semoga Allah SWT memberikan ilmu lebih yg datang dr manapun, amiinn:)

    BalasHapus
  20. ini ada cara membuat sabun herbal sama foto2nya :) semoga dapat membantu juga. http://camanecraft.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-sabun-sendiri.html

    BalasHapus
  21. semoga allah melimpahkan rezeki buat sis yang murah hati ini. pengen kursus juga nih. btw, mau tanya untuk legalitas produk kita prosedurnya gimana ya? atau dipasarkan tanpa izin beresiko ga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien. Bisa diurus ijin dinkesnya say... Atau minimal punya hasil uji analisis. Jadi pembeli bisa tau kandungan di dalam sabun kita :) Tq

      Hapus
  22. sis saya pengen beli sabun ente,caranya gimana y?

    BalasHapus
  23. Subhanallah... ternyata masih ada orang yang ikhlas berbagi pengalaman d ilmu seperti mba zahra...
    saya ingin sekali jadi orang
    seperti mba zahra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien. Tapi saya cuma berbagi ilmu di web, kalo via sms, kebanyakan konsultasi tidak dilayani karena keterbatasan waktu n tenaga. Jadi maaf untuk yang konsul via sms tidak bisa saya layani. Terimakasih buat semua yang mendo'akan. :) Semoga Allah berikan seala kebaikan untuk kalian semua... amien :)

      Hapus
  24. sis makasi ya tips nya.. bolehkah saya mencoba??saya mau penelitian tentang sabun dari VCO sis..makaci :)
    semoga Allah selalu memberi kemudahan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyoba apa sist?... Untuk order or kursus silahkan sms aja yaa :) Tq

      Hapus
  25. inspiratif bgt non, subhanaallah
    allah is my god muhammad is prophet.

    BalasHapus
  26. sis ada shampoo yang non deterjen ga? shampoo yg biasa ku pake busanya dikit dan ga bikin ketombe, tapi skrng produsennya ganti, lebih berbusa dan ketombe jadi muncul lg. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami juga menyediakan shampo gan :) tq

      Hapus
  27. hallo mbak, mau tanya untuk cairan iye biasanya beli dimana ? thanks

    BalasHapus
  28. sukses ya mbak.....ikut seneng aja

    BalasHapus
  29. assalamu'alaikum
    sist,,,,, voc kelapa hijau itu aer kelapa hijau mbak? truz biaya produksi bahan-bahan dasarnya berapa mbak kira2,,,, trimakasih,,,,
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. VCO kelapa hijau adalah minyak yg diolah dari kelapa hijau pilihan, tanpa pemanasan n tanpa bahan kimia setitikpun. :) Untuk mendapatkan bahan2 pembuat sabun bisa kontak cs batrisyia herbal gan... :)

      Hapus
  30. Subhanallah inspiratip sekali n baek banget komposisinya ditayangkan scra bebas.. semoga sukses selalu mbak.

    BalasHapus
  31. alhamdulillah, makasih ya sis udah dibagiin ilmu kayak gini :) sy mau nanya masa curing itu apa? penting atau tidak? apakah harus selama itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa curing adalah masa penyimpanan untuk menetralkan reaksi saponifikasinya :). masa curing tergantung proses say...

      Hapus
    2. Masa curing adalah nasa penyimpanan yg fungsinya untuk menetralkan proses saponifikasi. :) Masa curing tergantung proses say...

      Hapus
  32. mba bahan lye itu apa yaa?
    bisa di beli di toko apa?
    makasih sebelumnya mba,semoga berkah ya mba...makasih banyak ilmunya

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  34. lye tuh larutan NaOh, yang saya bingung "35% larutan lye" itu NaOh nya pake yang cair apa serbuk ? kalau yang cair, yang berapa persen kadar NaOh nya ( di pasaran macem2 ada yang 30%, 20% dll. ).. kalau pake yang serbuk berapa gram NaOh yang dilarutkan ?

    oh iy saya pernah bikin dengan aditif jus buah2 an sabun malah jadi lembek pdahal gak 1:1 lho ( bahan dasar sabun 500 gram hanya ditambah jus buah2an 200 gram ) kenapa yah ? makasih

    BalasHapus
  35. Mbk tanya boleh ? Cara buat lye&air 3% di formula sabun susu, gimana ya? Mksh

    BalasHapus
  36. mba mau tanya dong, itu cuman bisa sms ya? gabisa telepon langsung? terus pembayarannya via apa aja? trims, semoga dagangan mba makin laku yaa

    BalasHapus
  37. Subhanallah..makasih sharing ilmunya sist...semoga berkah dan senantiasa berkelipahan rezeki...jadi pengen coba nih

    BalasHapus
  38. hanya Allah yang akan membalas kebaikan saudari
    semoga pahala saudari sampai di akherat
    terima kasih ilmunya

    BalasHapus
  39. Assalamu'alaikum, makasih sebelumnya dh berbg ilmu. ane mau coba buat sendiri, tp lye n vco kelpa hijau nya gk ada nih? gimana kalo ane pesen sm nte, berapa harga keduanya? n sekalian info masing2 bhan. maksih semoga sehat slalu.

    BalasHapus
  40. Assalamu'alaikum, makasih sebelumnya dh berbg ilmu. ane mau coba buat sendiri, tp lye n vco kelpa hijau nya gk ada nih? gimana kalo ane pesen sm nte, berapa harga keduanya? n sekalian info masing2 bhan. maksih semoga sehat slalu.

    BalasHapus
  41. Assalamu'alaikum, sis mohon izin copas ya?
    wassalam.

    BalasHapus
  42. MBA MAU TANYA, maksudnya didalam takaran mba diatas larutan lye 25%, 30% minyak kelapa hijau itu gmn maksdnya???? apa kayak 25% larutan lye = 250 ml atau gmn mba? terimakasih mohon dibls

    BalasHapus
  43. mantap kali gan postingannya tentang pembuatan sabun herbal. Bolehkah saya menjadi resellernya? mo saya jual online nih, untuk variasi produk sabun herbal yang saya jual. Maklum, saya hanya reseller, blm bisa jadi produsen sabun herbal. terimakasihhh

    BalasHapus
  44. Sist, klo kelapa biasa apa bisa dibikin VCO ??? trus apa bisa juga untuk bahan dasar pembuatan sabun??? daerah sya banyak sekali kelapa... belum tau caranya buat ngolah... ^_^

    BalasHapus
  45. Sist, mo tanya lagi... sabun herbal kalo disimpan tahan berapa lama??? apa perlu ditambah pengawet??? trus ada beberapa sabun yang menggunakan gilserin... fungsi gliserin itu untuk apa sist??? apa bisa juga ditambahkan kedalam resep sabun herbal sist??? trimakasih... Semoga Allah membalas ilmu bermanfaat yang sist bagikan... aamiin... ^_^

    BalasHapus
  46. mba, untuk mencetak sabunya pakai apa ya? atau di potong pakai apa?

    BalasHapus